Thursday, October 21, 2010

KEMACETAN IBUKOTA

Mengatasi masalah kemacetan jalanan di wilayah DKI Jakarta bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan keseriusan dan komitmen dari berbagai pihak untuk bisa konsisten menjalankan segala peraturan yang ada agar kota Jakarta terbebas dari masalah kemacetan.

Salah satu pihak yang bertanggung jawab mengatasi masalah kemacetan yaitu aparat kepolisian lalu lintas. Aktivitas warga dari pagi sampai dini hari membuat Jakarta seolah tidak pernah mati. Situasi jalanan macet yang hampir terjadi setiap hari seakan menjadi suatu hal yang biasa di kota Jakarta. Situasi dan Kondisi ini pula yang menjadi perhatian Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ).

Permasalahan kemacetan di Jakarta ini harus diatasi dengan IT (teknologi). Kalau hanya penambahan jumlah pertambahan personel polisi, tidak akan bisa.

CCTV (Closed Circuit Television) yang berfungsi untuk memonitor dan memantau situasi lalu lintas terkini. SMS (Short Messaging Service) untuk menerima informasi dari masyarakat melalui layanan SMS 1717.

Solusi ketika terjebak dalam kemacetan lalu lintas dan tidak bisa kemana-mana, hal itu dapat meningkatkan rasa stress. Daripada menjadi frustasi, sebaiknya kita melakukan beberapa hal sehingga tidak akan merasa kehilangan waktu. Berikut ada beberapa ide yang bisa kita lakukan :
  1. Lakukan sedikit olahraga. Renggangkan otot-otot tubuh yang kaku akibat terlalu banyak menyetir. Hal ini akan membantu melancarkan aliran darah, menghilangkan ketegangan dan membuat tubuh lebih rileks.
  2. Bercanda gurau dengan keluarga atau kerabat yang berada satu kendaraan dengan kita.
  3. Dengarkanlah musik ketika menghadapi kemacetan.

No comments:

Post a Comment