Thursday, March 1, 2012

Multi Level Marketing

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan berpendapat tentang sesuatu yang sedang marak2nya di kalangan masyarakat indonesia, yaitu multi level marketing atau yang biasa di sebut dengan MLM. Sebelumnya saya akan mengulas definisi, apa sih arti dari multi level marketing itu? oke langsung to the point aja,

Multi level marketing adalah suatu sistem dalam suatu perusahaan dimana cara kerja utamanya yaitu dengan cara merekrut orang (mengajak orang untuk bergabung). Setelah kita bergabung, kita di wajibkan mengajak orang lain untuk ikut bergabung bersama2, dan begitu seterusnya. Anda bergabung, di wajibkan mengajak 2 orang untuk ikut bergabung itu namanya sistem binary (2 kaki). Anda bergabung di wajibkan mengajak orang sebanyak2nya (tidak di tentukan jumlahnya) itu di sebut dengan sistem matahari.

Banyak sekali macam-macam multi tevel marketing yang ada di indonesia kira2 -+600an. Macam2 cara mereka dalam menjalankan sistemnya tersebut. Ada yang dengan cara berjualan, ada juga dengan cara merekrut orang.

Untuk MLM2 yang saya ketahui, atau tidak asing di dengar yaitu mlm besar seperti MNI (melia nature indonesia), oriflame, tiansi, dan shoppie martin.

Untuk oriflame, tiansi, dan shoppie martin mereka menggunakan sistem berjualan, selain berjualan, agar cepat naik level mereka di wajibkan me-rekrut atau mengajak orang sebanyak2nya (sistem matahari) untuk bergabung (join). Misalnya kita berhasil menjual produk ke orang lain, kita akan mendapatkan bonus sekian persen (tergantung ketentuan perusahaan masing2) dari harga produk yang kita jual. Semakin tinggi level kita, maka semakin banyak pula bonus2 yang akan kita dapatkan. Sebaliknya, semakin di bawah posisi kita maka semakin kita harus bekerja lebih keras berjualan dan mengajak orang untuk bergabung sampai posisi kita berhasil sampai di level atas.

Selanjutnya untuk MLM MNI (melia nature indonesia). MLM MNI ini mlm yang sedang sangat booming2nya di kalangan masyarakat. Saya akan mengulas beberapa bagian tentang MNI yang saya ketahui. Di MNI ini mereka tidak menggunakan sistem berjualan, mereka hanya menggunakan sistem mengajak orang untuk berjoin, dengan sistem binary (2 kaki). Anda bergabung maka anda di wajibkan mengajak 2 teman anda (sebut saja A dan B). setelah A dan B join maka tugas anda selanjutnya yaitu membina A dan B supaya bagaimana kedua orang tersebut masing2 bisa mengajak 2 orang temannya lagi. Begitu seterusnya, 2 orang mengajak 2 orang temannya yang lain sehingga membentuk suatu team besar.

Untuk join anda di wajibkan membeli minimal 1 paket produk, senilai 550rb rupiah. Setelah itu anda mengajak orang lain untuk berjoin, caranya sama, mereka juga harus membeli minimal 1 paket produk senilai 550rb rupiah. Kalau menurut saya secara tidak langsung sama dengan berjualan, tapi caranya agak sedikit berbeda yaitu orangnya yang kita rekrut untuk berjoin dan membeli 1 paket produk.

Komentar saya tentang MLM sangat tidak setuju. Karena menurut saya mlm sangat tidak mendidik. Banyak anak2 muda di bawah umur, pelajar2 di prospek untuk berjoin sehingga mereka menelantarkan pendidikan. Terlebih saya sangat prihatin bila sarana pendidikan seperti kampus/sekolah di jadikan tempat prospek. Saya sebagai salah satu dari sekian banyak orang yang pernah terjebak dalam sistem MLM sangat menyayangkan sekali bila melihat teman2 saya ikut terjerumus kedalam mlm. Oke cukup sekilas komentar saya tentang mlm. Sebagai (mantan/alumni) dari suatu mlm, di kesempatan berikutnya saya akan membuka semua kilasan tentang mlm yang pernah saya ikuti, sampai jumpaaaa.....................;)

No comments:

Post a Comment