Sunday, April 29, 2012

saman dance

Tari saman merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah aceh.
Pada awalnya tarian ini di mainkan oleh para laki-laki. Tapi sekarang kebanyakan yang menarikan tarian ini para perempuan.
Tarian ini sangat popular di kalangan pelajar. Mulai dari SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.
Tari saman sangat mencerminkan agama islam. Dari syair lagunya yang merupakan doa-doa sampai kostumnya yang serba menutup aurat.

Saya sendiri sangat hobby dengan tarian yang satu ini, semenjak kelas 1 SMP sampai kelas 3 SMA saya selalu mengikuti ekskul tari saman di sekolah. Sayang sekali di universitas gunadarma tidak ada UKM tari saman.

Banyak kegiatan-kegiatan yang sudah saya ikuti, mulai dari lomba antar sekolah, mengisi acara di tempat umum, sampai mengikuti rekor muri tari saman 1000 orang yang di selenggarakan di monas dalam rangka hari anti narkoba sedunia -+ 2 tahun yang lalu.

Saya berharap tarian tradisional ini akah selalu eksis di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat indonesia itu sendiri. Jangan sampai kebudayaan ini punah begitu saja karena faktor kemajuan teknologi dan segala sesuatu yang serba modernisasi.

Berikut beberapa foto yang di ambil dari beberapa acara yang telah saya ikuti:






Berikut video dari acara yang pernah saya ikuti:





1 comment:

  1. nama kk ariyo kk ngelatih saman di uhamka kk juga lagi nyari de

    ReplyDelete