Thursday, March 14, 2013

Bab 1


BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang Masalah    
Dewasa ini perkembangan dunia internet sudah begitu pesat sehingga dalam berbagai proses kegiatan selalu kita dijumpai keberadaanya, membuat banyak orang beramai-ramai untuk membuat website sebagai ajang untuk mendapatkan informasi, termasuk dalam bidang musik. Meskipun awalnya internet hanya digunakan untuk menampilkan data-data statis, namun dalam perkembangan sebuah sistem informasi jarak jauh yang memberikan hak akses khususnya bagi anggotanya sudah banyak yang menggunakan. Fasilitas melalui telepon untuk mendapatkan informasi langsung dari suatu studio rekaman banyak ditemukan tetapi sulit untuk dilakukan karena memakan waktu dan tenaga. Namun untuk mendapatkan informasi tersebut dapat dilakukan melalui internet, web atau situs.
 Oleh sebab itu penulis membuat sebuah website studio rekaman yang bernama broke digital yang digunakan untuk target yang ingin dicapai dan juga memiliki sasaran yang dituju. Studio broke digital masih dalam tahap perkembangan, dimana studio ini untuk menginput dan menampilkan data informasi dilakukan secara manual seperti memasukkan data kegiatan studio dalam sebuah buku yang terdiri dari banyak file, setelah data kegiatan band terkumpul maka setiap akhir kegiatan, hasilnya akan ditampilkan disebuah majalah dinding. Sebagaimana di ketahui secara manual sangat banyak mengalami kekurangan dan kelemahan yaitu tidak terpeliharanya kekonsistenan data karena setiap informasi yang diberikan dapat hilang atau terselip pada berkas lain, tanpa harus melihat langsung band tersebut. Ini disebabkan pemakaian data yang sangat terbatas maka muncullah kurangnya keamanan data tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan akan mengakibatkan integritas data kurang terpelihara.
Maka dari itu dibuat suatu aplikasi melalui komputerisasi dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database Mysql. Dengan bahasa pemprograman yang dipakai, penulis juga memakai Macromedia Dreamweaver MX sebuah tools untuk mendesign sebuah web agar menjadi cepat dan mudah.

1.2       Batasan Masalah
Batasan masalah yang penulis ambil dalam penulisan ilmiah ini yaitu bagian user dan bagian admin. Pada bagian user ditampilkan informasi tentang Broke Studio, seperti profil dari Broke Studio, fasilitas melihat dan memesan jadwal proses rekaman. Sedangkan untuk bagian admin meliputi fasilitas penginputan, pengeditan dan penghapusan dari semua informasi tentang data studio yang akan disajikan pada bagian user. Perangkat lunak yang digunakan untuk implementasinya adalah Macromedia Dreamweaver MX dengan bantuan paket aplikasi Xampp untuk menjalankan server Apache dan MySQL, Adobe Photoshop CS2 untuk mengedit gambar dan mendesign tampilan website dan Macromedia Flash MX untuk membuat beberapa animasi.

1.3      Tujuan Penulisan
Dengan adanya website ini diharapkan dapat beguna sebagai media promosi Broke Studio.

1.4       Metode Penelitian
            Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

1.    Wawancara
Wawancara dilakukan secara langsung dengan pemilik studio.

2.    Studi Pustaka
Studi Pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dan informasi yang berhubungan dengan materi penelitian  melalui referensi buku-buku dan literatur dari internet sebagai pendukung pelaksanaan penelitian.

1.5       Sistematika Penulisan
            Untuk memperoleh suatu gambaran yang jelas mengenai isi dari penulisan ilmiah ini, penulis membaginya dalam 4 (empat) bab, ke empat bab tersebut adalah :
Bab I                           Pendahuluan
Menjelaskan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan yang hendak dicapai dari penulisan ilmiah ini dan metode yang dipergunakan dalam penulisan serta sistematika pembahasannya.
Bab II             Landasan Teori
Dalam bab ini penulis akan menjabarkan tentang teori-teori apa saja yang mendukung dalam rekaman digital, komponen-komponen rekaman digital, dasar-dasar pemograman PHP, Macromedia Dreamweaver MX, Macromedia Flash MX, serta MySQL.
Bab III                        Analisa Pembahasan
Menjelaskan tata cara pembuatan website dengan menggunakan
Macromedia Dreamweaver MX.
Bab IV                        Terdiri dari Kesimpulan dan Saran.







No comments:

Post a Comment